APA ITU TUMOR Otak?

Tumor otak adalah kondisi dimana  jaringan sel otak normal berubah sifat menjadi tumbuh terus menerus sehingga menekan jaringan sel normal. Tekanan yang ditimbulkan oleh sel abnormal tersebut akan mempengaruhi fungsi jaringan otak normal.

APA TANDA DAN  gejala tumor otak ?

Peningkatan tekanan yang disebabkan tumor otak mempengaruhi fungsi sel normal, Salah satu saraf yang sensitif terhadap penekanan adalah saraf penglihatan atau disebut juga  nervous optikus.  Fungsi penglihatan kita dibagi menjadi 3, yaitu

  1. penglihatan sentral (ketajaman penglihatan),
  2. penglihatan warna, dan
  3. lapang pandang

Tekanan tumor pada saraf penglihatan akan mempengaruhi fungsi penglihatan kita. Dampak dari penekanan ini adalah  :

  1. menurunnya ketajaman penglihatan sehingga pandangan menjadi kabur. Keluhan ini tidak serta merta terjadi pada satu waktu, akan tetapi timbul secara perlahan dan semakin lama semakin memburuk, ini karena sel tumor yang menekan tumbuh semakin besar dari waktu kewaktu. Penurunan ini bersifat progresif atau terus memburuk selama 3-6 bulan dan tidak akan membaik walaupun dibantu dengan penggunaan kaca mata.
  2. Nervous opticus merupakan sel saraf yang sensitif terhadap warna merah, Penekanan akan membuat pasien mengalami dyschromaptosia (ketidak mampuan mata untuk melihat warna) merah.
  3. Selain itu dengan adanya tekanan pada sel saraf penglihatan juga akan membuat pasien mengalami penyempitan lapang pandang. Pasien akan sulit bahkan tidak bisa melihat objek yang berada di bagaian luar dari jangkaun mata tanpa menoleh, sehingga pasien akan sering menabrak atau tertabrak ketika berjalan karena tidak bisa melihat benda atau objek yang ada di sampingnya dengan penuh.

Gejala lain yang terkait dengan tumor otak

Peningkatan Tekanan yang disebabkan tumor otak juga akan mempegaruhi keseimbangan seseorang. Kita harus waspada jika keluhan keluhan diatas diikuti dengan gejala seperti chepalgi (sakit kepala) dan muntah proyektil (menyembur). Segera periksakan ke pelayanan kesehatan jika anda atau orang terdekat anda mengalami keluhan tersebut,