Apa yang dipikirkan orang tentang operasi tumor otak? Terlihat menyeramkan bahkan sulit dibayangkan bagaimana seorang praktisi medis membedah tengkorak kepala (cranial) untuk menghilangkan sel-sel tumor yang berbahaya. Seiring dengan berkembangnya teknologi dalam ilmu bedah saraf, Endoscopic Endonasal Transfenoidal Hipofisektomi (EETH) hadir untuk menjawab semua kekhawatiran penderita tumor otak. Sebuah teknik terbaru yang akan mengobati penyakit tumor tanpa sayatan.

Apa itu Endoscopic Endonasal Transfenoidal Hipofisektomi (EETH) ?

Sebuah teknik operasi tumor otak yang dilakukan melalui lubang hidung. Teknik ini diterapkan untuk mengangkat tumor yang terletak di  dasar tengkorak kepala. Teknik ini jauh lebih baik jika dibandingkan dengan tehnik konvensional yakni membuka tengkorak kepala. Sebelumnya, para spesialis bedah saraf harus membelah tengkorak wajah atau membuka kulit kepala lalu memindahkan tengkorak pada bagian dahi untuk merampungkan  operasi yang sama. Namun dengan teknik EETH, luka bedah menjadi sangat minimal, bahkan tanpa perlu membuka tengkorak kepala.

Tumor seperti apa yang bisa dilakukan dengan tehnik ini ?

Tehnik pengambilan tumor melalui hidung bisa diterapkan untuk kasus-kasus tumor pada kelenjar Hipofise/pituitari (kelenjar yang memproduksi hormon tubuh). Tumor ini biasanya ditandai dengan gejala menurunnya lapang pandang dan pusing hingga muntah proyektil (menyembur). Letaknya berada di dasar tengkorak, di bawah otak dan di atas hidung sehingga bisa dijangkau oleh teknik EETH yaitu dengan menyingkap tulang pembatas antara hidung dengan tengkorak kepala untuk mencapai lokasi tumornya.

Bagaimana cara kerjanya ?

Endoscopic Endonasal Transfenoidal Hipofisektomi adalah teknik operasi menggunakan sejenis selang fleksibel yang dilengkapi dengan kamera dan pencahayaan khusus untuk melihat kedalam struktur saraf melalui lubang hidung kemudian akan diteruskan ke monitor dengan pembesaran objek hingga 100 kali. Endoskopi dapat membuat presisi dan ketepatan pembedahan semakin baik sehingga angka keberhasilannya semakin tinggi. Selama proses operasi, selang akan dimasukkan dari lubang hidung ke sinus dan menghilangkan sekat tipis yang memisahkan bagian atas hidung dengan bawah tengkorak. Kemudian dokter akan membuka membran otak di sekelilingnya, dan masuk ke otak. Dokter selanjutnya akan menghilangkan tumor menggunakan selang endoksopi.

Apakah lebih efisien ?

Keistimewaan teknik ini adalah minimal invasif. Teknik ini hanya memerlukan irisan luka yang kecil dan manipulasi jaringan otak yang lebih sedikit, visualisasi lapangan operasi yang lebih baik dan manipulasi yang lebih minimal sehingga proses operasi menjadi lebih aman.  Irisan luka yang lebih kecil akan mengakibatkan lebih sedikit jaringan yang rusak serta masa pemulihan operasi yang lebih cepat (berkisar 3-5 hari).