Glioma

Ketahui tentang jenis tumor ini dan penangannya bersama tim dokter ahli kami

Apa itu Glioma?

Penyakit Glioma adalah tumor primer otak yang tersering, sekitar 33% dari (kasus) tumor otak. Glioma berasal dari sel-sel glial dalam otak. Sel glial adalah sel jaringan yang mengelilingi dan mendukung sel saraf di otak.

Tiga jenis sel tumor yang biasanya ditemukan di dalam kasus glioma yaitu: astrosit, oligodendrosit, dan sel-sel ependim. Glioma disebut tumor otak intrinsik karena mereka berada dalam jaringan otak dan sering menyatu dengan jaringan otak normal.

Stadium glioma

Seberapa ganas penyakit glioma adalah tergantung pada stadium-nya.Terdapat stadium I sampai IV yang didasarkan pada  jenis sel-sel tumor yang terlihat di bawah mikroskop. Stadium I adalah yang paling rendah keganasannya  dan kelas IV adalah yang paling ganas. Stadium rendah (I atau II)  memiliki ciri tumbuh relatif lambat, sedangkan stadium tinggi (III atau IV)  memiliki ciri lebih ganas, dengan pertumbuhan yang cepat dan menyebar ke jaringan otak normal.

Jenis Glioma

Penyakit Glioma juga diklasifikasikan berdasarkan jenis sel asalnya. Jenis-jenis glioma adalah:

  1. Astrocytoma – berkembang di sel-sel jaringan ikat, yang disebut astrosit
  2. Glioma Batang Otak – berkembang di batang otak
  3. Ependymoma – berkembang dari sel-sel ependymal
  4. Glioma Campuran – berkembang dari lebih dari satu jenis sel glial
  5. Oligodendroglioma – berkembang di sel-sel jaringan pendukung otak, yang disebut oliogendroctyes
  6. Glioma Saraf Optik– berkembang di atau sekitar saraf optik (penglihatan)

Tanda dan Gejala Penyakit Glioma

Glioma menyebabkan gejala dengan menekan otak atau sumsum tulang belakang. Gejala yang paling umum adalah:

  • Sakit kepala
  • Kejang
  • Perubahan kepribadian
  • Kelemahan di lengan atau kaki
  • Mati rasa

Gejala lain termasuk:

  • Mual dan muntah
  • Kehilangan penglihatan

Gejala glioma muncul perlahan-lahan dan mungkin awalnya ringan. Bahkan beberapa glioma tidak menimbulkan gejala apapun dan mungkin baru terdiagnosis ketika pasien periksa ke  dokter untuk memeriksakan kondisi gejala yang lain.

Diagnosis Glioma

Jika Anda memiliki gejala tumor otak, dokter Anda terlebih dahulu akan bertanya tentang gejala-gejala yang muncul. Selanjutnya, dokter akan mengevaluasi secara lengkap riwayat medis dan melakukan  pemeriksaan fisik. Selain memeriksa kesehatan Anda secara keseluruhan, dokter akan melakukan pemeriksaan neurologis untuk mengamati cara Anda berjalan, berbicara, dan bergerak.

Dokter mungkin memeriksa mata Anda untuk mencari pembengkakan yang disebabkan oleh tekanan pada saraf optik Anda. Saraf optik menghubungkan mata ke otak. Pembengkakan ini disebut edema papil. Ini adalah tanda yang memerlukan perhatian medis segera.

Prosedur Diagnosis Glioma

  1. Wawancara  riwayat medis dan pemeriksaan fisik: Ini termasuk pertanyaan tentang gejala, riwayat kesehatan pribadi dan keluarga pasien.
  2. Pemeriksaan neurologis:  tes penglihatan, pendengaran, keseimbangan, koordinasi, refleks, dan kemampuan berpikir dan mengingat.
  3. Pemeriksaan scan otak: Magnetic Resonance Imaging (MRI) dan computed tomography (CT atau CAT scan), yang menggunakan komputer untuk membuat gambar detail otak, adalah scan yang paling umum digunakan untuk mendiagnosis tumor otak.
  4. Biopsi: Ini adalah prosedur untuk mengambil sebagian kecil jaringan tumor untuk diperiksa di bawah mikroskop.

Pengobatan untuk Glioma

Pengobatan terbaik untuk tiap pasien mempertimbangkan lokasi tumor, gejala, manfaat dan risiko berbagai pilihan pengobatan yang ada.

Pengobatan untuk penyakit glioma disesuaikan dengan masing-masing pasien yang mencakup operasi, terapi radiasi, kemoterapi, atau observasi. Pengobatan untuk pasien dengan tumor otak paling baik dilakukan oleh tim. Ini termasuk ahli bedah saraf, neuro-onkologi medis, terapi radiasi, dan ahli patologi. Di tim SNEI , kami mengadakan konferensi multi-disiplin tumor otak tiap mingguan dengan semua spesialisasi medis hadir untuk meninjau setiap kasus tumor dan membuat keputusan yang terbaik untuk  menegakkan diagnosis dan rencana perawatan pasien.

Operasi pada Glioma

Operasi adalah prosedur pengobatan awal yang paling umum untuk glioma. Biopsi jaringan yang diambil selama operasi menyediakan sampel jaringan untuk ahli patologi,  kemudian tim dokter dapat membuat diagnosis yang akurat dari komposisi tumor, yang sangat penting untuk mendapatkan pengobatan lanjutan terbaik. Operasi juga bertujuan  untuk mengambil jaringan tumor dan mengurangi tekanan di otak yang disebabkan oleh tumor.

Evaluasi Pengobatan

Setelah pengobatan, scan otak dapat menunjukkan jaringan otak yang terlihat seperti glioma.Hal ini sering merupakan jaringan mati atau perubahan jaringan sehat yang disebabkan oleh terapi radiasi, kemoterapi atau keduanya. Ahli bedah saraf dan ahli radiologi akan memantau ini untuk menentukan apakah ini merupakan glioma tumbuh kembali atau efek dari pengobatan.

Why Choose Us

International Standard

RS Premier telah memenuhi standard Internasional berdasarkan Joint Commision Internasional (JCI).

Minimal Invasive Neurosurgery

Dengan tim serta teknologi medis terbaru, Penanganan Minimally Invasive Neurosurgery dapat kami lakukan.

Patients history

Kami memiliki Unit Perawatan Intensif yang akan mengawasi perkembangan pasien yang siaga 24jam.

Best Technology

Memiliki teknologi medis generasi terbaru berupa Magnetic Resonance Imaging (MRI) 3 Tesla.

Certified Team Doctors

Tim ahli multidisplin kami meliputi berbagai dokter spesialis yang telah tersertifikasi.

Insurance Partner

Kami bekerja sama dengan berbagai perusahaan Asuransi untuk memberikan kemudahan kepada pasien.

Open chat
Kontak Kami melalui ini
Ada yang bs kami bantu?
Powered by