Kami bersama Anda

Kami siap membantu anda untuk berkonsultasi bersama tim dokter ahli yang kompeten dan terlatih 

Ciri Ciri Kanker Otak Stadium 2

Kanker Otak stadium 2 termasuk dalam kanker otak stadium awal. Jika pasien segera mengetahui kanker otak pada saat stadium masih berada di tingkat 2, maka masih belum terlambat untuk melakukan pengobatan. Meskipun tidak seperti kanker otak stadium 1, pergerakan sel abnormal pada kanker otak stadium 2 tentunya sudah mulai bergerak lebih cepat. 

 

Ciri – ciri kanker otak pada setiap stadiumnya bergantung pada beberapa faktor diantaranya Jenis jaringan atau sel yang terkena kanker atau yang terpengaruh oleh keberadaan sel kanker, lokasi atau tempat dan ukuran sel kanker yang muncul, dan persebaran sel kanker pada jaringan lainnya di otak atau sumsum tulang belakang. Hal ini juga akan mempengaruhi metode penanganan dan pengobatan pada pasien. 

 

Pada kanker otak stadium 2, sel – sel kanker mulai berkembang, namun pergerakannya masih belum terlalu signifikan. Sehingga, masih memiliki kemungkinan untuk ditangani dengan intensif. Metode pengangkatan tumor pada kanker otak stadium ini masih mungkin untuk dilakukan. 

Beberapa Jenis Tumor Otak

Ciri – ciri Kanker Otak Stadium 1 yang bersifat umum

Ciri – ciri kanker otak stadium 2 biasanya akan lebih bervariasi tergantung pada faktor – faktor tadi. Selain tanda dan gejala umum pada kanker otak stadium 1 yang mungkin dialami oleh pasien, perkembangan sel kanker pada lokasi tertentu juga akan menimbulkan gejala yang lebih spesifik. 

  1. Fatigue atau kelelahan. Gejala ini juga muncul pada beberapa pasien yang masih berada di stadium 1. Namun, seiring dengan meningkatnya stadium kanker otak, pasien juga bisa mengalami rasa lelah yang lebih hebat daripada sebelumnya. 
  2. Perubahan perilaku. Hal ini akan semakin terlihat dan dirasakan oleh pasien ketika kanker otak sudah masuk pada stadium 2. Jika sebelumnya pada stadium 1 gejala mungkin dianggap sebagai penyakit biasa lainnya, namun di stadium 2, gejala – gejala sudah semakin terlihat.
  3. Gangguan pada sistem indera. Di stadium 2, gangguan penglihatan dan pendengaran sudah mulai mengganggu aktivitas. Selain gangguan pendengaran, bingung dan kesulitan berbicara juga mungkin bisa mulai muncul.
  4. Kesemutan. Pasien pada stadium 2 juga mulai lebih merasakan kesemutan dan mati rasa pada sebagian tubuhnya. Jika Anda merasakan gejala ini lebih sering dari biasanya, maka Anda perlu untuk mengkonsultasikan ke dokter. Terutama apabila gejala muncul berjalan dengan gejala – gejala lainnya yang mulai mengkhawatirkan seperti sakit kepala dan mual serta muntah tanpa alasan yang jelas.

Ciri Ciri Kanker Otak Berdasarkan letak Tumor

Beberapa ciri – ciri kanker otak berdasarkan letak tumor. 

  1. Jika tumor muncul pada bagian selaput pelindung otak dan sumsum tulang belakang, gejala yang mungkin timbul adalah kejang, lemas, dan sakit kepala yang semakin kuat. Kanker otak ini biasanya disebut dengan meningioma. 
  2. Jika tumor otak muncul di area hipotalamus, maka gejala yang biasa yang muncul adalah mual dan muntah, sakit kepala, dan rasa haus yang berlebihan. Kanker otak ini biasanya disebut dengan Kraniofaringioma. 
  3. Jika tumor otak muncul di area glial dari sel ependymal di sistem saraf pusat, maka ciri ciri kanker otak yang biasanya muncul adalah sakit kepala, gangguan penglihatan, dan muntah. Kanker otak ini biasanya disebut dengan Ependymoma.  
  4. Dan masih ada beberapa gejala lainnya yang muncul tergantung dengan jenis tumor atau kanker otak yang diderita. 

Jika sebelumnya kebanyakan gejala pada kanker otak stadium 1 masih samar – samar. Maka, begitu pasien memasuki stadium 2, gejala tersebut akan semakin jelas. Misalnya sakit kepala akan semakin sering atau semakin hebat, gangguan penglihatan dan pendengaran semakin parah, dan mual pun sudah mulai sering terjadi. Jika pasien mengalami gejala seperti ini, Anda harus segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan diagnosa dan segera memulai pengobatan lebih dini jika memang mengalami kanker otak. 

Pemeriksaan kanker otak meliputi beberapa rangkaian proses yang juga membutuhkan waktu. Jika tidak diidentifikasi dengan segera, maka kemungkinan untuk masuk ke stage berikutnya juga meningkat. Metode penanganan dan pengobatan juga semakin sedikit. Jadi, penting mengenali gejala dan berkonsultasi sebelum terlambat. 

Why Choose Us

International Standard

RS Premier telah memenuhi standard Internasional berdasarkan Joint Commision Internasional (JCI).

Minimal Invasive Neurosurgery

Dengan tim serta teknologi medis terbaru, Penanganan Minimally Invasive Neurosurgery dapat kami lakukan.

Patients history

Kami memiliki Unit Perawatan Intensif yang akan mengawasi perkembangan pasien yang siaga 24jam.

Best Technology

Memiliki teknologi medis generasi terbaru berupa Magnetic Resonance Imaging (MRI) 3 Tesla.

Certified Team Doctors

Tim ahli multidisplin kami meliputi berbagai dokter spesialis yang telah tersertifikasi.

Insurance Partner

Kami bekerja sama dengan berbagai perusahaan Asuransi untuk memberikan kemudahan kepada pasien.