Kami bersama Anda

Kami siap membantu anda untuk berkonsultasi bersama tim dokter ahli yang kompeten dan terlatih 

Ciri Ciri Kanker Otak Stadium 3

Kanker otak stadium 3 menandakan bahwa perkembangan sel kanker yang terdapat pada tubuh pasien sudah mulai mengganas. Jika pada stadium 2 perkembangan terjadi dengan lambat, kanker stadium 3 mulai mempercepat perkembangan dan penyebaran nya. Pilihan penanganan dan pengobatan pada tahap ini sudah semakin sedikit karena biasanya sel kanker sudah mulai menyerang jaringan lain. Pengangkatan sel tumor biasanya tidak bisa dilakukan dengan bersih karena bisa kembali tumbuh. Hal ini bahkan bisa terjadi pada kanker otak stadium 2. Namun, kebanyakan pasien justru datang ketika kanker sudah mencapai stadium lanjut baik 3 maupun 4.

Beberapa Jenis Tumor Otak

Tumor otak pada stadium 3 sifatnya sudah kanker dengan sel yang tumbuh semakin cepat, semakin ganas, dan menyebar ke jaringan terdekat. Jika para ahli dan dokter melihat pertumbuhannya di mikroskop, sel sudah terlihat abnormal dan berbeda dengan sel normal lainnya. Pada stadium 1 atau awal, sel abnormal mungkin tidak terlalu terlihat. 

Bagaimana ciri ciri kanker otak stadium 3? 

Ciri – ciri kanker otak stadium otak sama dengan stadium lainnya dan bervariasi tergantung letak dan ukuran tumor. Namun, gejala yang muncul sudah tidak seperti stadium awal lagi. Gejala yang awalnya muncul sesekali, mulai lebih sering muncul dan lebih berat. Sakit kepala merupakan ciri yang paling umum dari kanker otak. Pada stadium awal, pasien mungkin akan mengira hanya menderita sakit kepala biasa. Namun seiring berjalannya waktu dan masuk ke stadium lanjut 2 hingga 3, gejala itu akan semakin meningkat, sering, dan parah. Bahkan, sudah mengganggu aktivitas pasien serta perlu penanganan khusus. Beberapa pasien mungkin tidak bisa ditangani lagi hanya dengan pemberian obat biasa. 

Kanker otak stadium 3 yang menandakan semakin ganasnya tumor membuat pilihan penanganan dan pengobatan semakin sedikit. Beberapa langkah penanganan dan pengobatan yang mungkin akan dilakukan oleh dokter adalah operasi, kemoterapi, hingga radioterapi. Pilihan pengobatan ini tentunya perlu menyesuaikan kondisi pasien, termasuk apakah pasien memiliki penyakit bawaan atau jika sel kanker sudah menyebar ke area jaringan lainnya. 

Bagaimana Dokter melakukan pemeriksaan terhadap kanker otak stadium 3? 

Pada umumnya, Dokter akan menanyakan tanda dan gejala yang mungkin dirasakan oleh pasien sebelum melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Hal ini tidak hanya untuk kanker otak yang mungkin sudah memasuki stadium 3 tetapi juga untuk semua stadium. Untuk tingkat penyakit kanker otak yang diderita oleh pasien, tanda dan gejala adalah langkah awal. Kemudian dokter akan memulai pemeriksaan mulai dari tanda dan gejala atau bisa berkembang pada langkah yang lain tergantung bagaimana kondisi dan keluhan pasien. Beberapa jenis pemeriksaan yang dilakukan atau disarankan oleh dokter adalah sebagai berikut. 

Scan (Pemeriksaan Kanker Otak dengan CT Scan / MRI Scan / PET Scan)

Pasien dapat menjalani beberapa jenis scan mulai dari CT Scan, MRI Scan, dan PET Scan. Apa perbedaan antara ketiga pemeriksaan ini? CT Scan merupakan pemeriksaan menggunakan sinar X. Dokter akan menganalisa gambar otak yang dihasilkan oleh pemeriksaan CT Scan untuk diagnosa lebih lanjut. MRI Scan adalah pemeriksaan otak lebih detail menggunakan komputer dan kekuatan magnet. Jika ada yang diragukan dalam pemeriksaan CT Scan, atau perlu pemeriksaan lebih dalam, dokter mungkin akan menyarankan untuk melakukan MRI Scan. Berbeda dengan CT Scan dan MRI scan yang intinya adalah melihat bagian dalam otak melalui pencitraan, PET scan dilakukan dengan menyuntikkan larutan radioaktif dalam dosis tertentu untuk mengidentifikasi sel kanker. 

Pemeriksaan Kanker Otak dengan Biopsi

Selain tiga jenis scan tersebut, ada pemeriksaan lagi yang digunakan untuk menentukan apakah pasien menderita kanker otak atau tidak. Pemeriksaan biopsi merupakan pemeriksaan kanker otak dengan mengambil sampel jaringan tumor di otak. Kemudian, dokter akan mengirimkan sampel tersebut ke laboratorium untuk dianalisa. Pasien dapat berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan jenis pemeriksaan yang tepat untuk dilakukan.

Why Choose Us

International Standard

RS Premier telah memenuhi standard Internasional berdasarkan Joint Commision Internasional (JCI).

Minimal Invasive Neurosurgery

Dengan tim serta teknologi medis terbaru, Penanganan Minimally Invasive Neurosurgery dapat kami lakukan.

Patients history

Kami memiliki Unit Perawatan Intensif yang akan mengawasi perkembangan pasien yang siaga 24jam.

Best Technology

Memiliki teknologi medis generasi terbaru berupa Magnetic Resonance Imaging (MRI) 3 Tesla.

Certified Team Doctors

Tim ahli multidisplin kami meliputi berbagai dokter spesialis yang telah tersertifikasi.

Insurance Partner

Kami bekerja sama dengan berbagai perusahaan Asuransi untuk memberikan kemudahan kepada pasien.