Terapi Radiasi Pituitary Adenoma diperlukan untuk kasus yang sesuai dengan kondisi berikut. 

  1. Tumbuh cepat
  2. Tidak menyusut dengan obat – obatan 
  3. Terletak di daerah otak dimana operasi tidak aman 
  4. Kambuh setelah operasi

Terapi radiasi untuk Pituitary Adenoma biasanya tidak bekerja dengan cepat. Terapi bisa membutuhkan waktu beberapa bulan atau tahun untuk mengendalikan pertumbuhan Pituitary Adenoma atau menghentikan produksi hormon. Pada beberapa pasien, kelenjar pituitary berhenti bekerja selama beberapa tahun setelah terapi radiasi. Jika ini terjadi, pasien perlu mengkonsumsi suplemen hormon untuk menggantikan hormon yang biasanya dihasilkan oleh kelenjar pituitary. 

Bedah untuk Pituitary Adenoma

Pembedahan adalah pengobatan yang paling umum untuk Pituitary Adenoma. Jika Pituitary Adenoma bersifat jinak dan ahli bedah saraf dapat mengambil tumor dengan aman, operasi mungkin menjadi satu – satunya pengobatan yang dibutuhkan. 

Namun, beberapa pasien mungkin memerlukan pembedahan jika tumor berada dalam kondisi berikut. 

  1. Memproduksi hormon yang tidak dapat dikontrol dengan obat. 
  2. Menyebabkan masalah kesehatan karena menekan kelenjar pituitary normal sehingga produksi hormon menurun. 
  3. Menekan bagian lain dari sistem saraf. Misalnya saraf mata, sehingga mengganggu fungsi penglihatan. 
  4. Masih tumbuh meskipun telah dilakukan pengobatan sebelumnya dengan obat atau operasi.

Jenis Operasi Pituitary Adenoma

Terdapat beberapa jenis operasi Pituitary Adenoma sebagai berikut. 

1. Minimal Invasif Endoskopi Endonasal 

Ahli bedah saraf di Brain Tumor and Pituitary Disorder Center dapat mengangkat hampir semua Pituitary Adenoma menggunakan operasi endoskopi endonasal. Pendekatan invasif minimal ini memungkinkan ahli bedah saraf untuk mengangkat tumor pada daerah otak karena kita sulit menjangkau nya dengan teknik operasi konvensional tanpa perlu melakukan irisan pada kulit dan memotong tulang tengkorak. Prosedur operasi ini menggunakan endoskopi, perangkat teleskop kecil yang dilengkapi dengan kamera video resolusi tinggi dan cahaya terang. 

 

Manfaat jenis operasi Minimal Invasif Endoskopi Endonasal: 

  • Menimbulkan rasa sakit yang lebih rendah dan pemulihan yang lebih cepat dari pada operasi tradisional. 
  • Tidak meninggalkan bekas luka yang mungkin akan terlihat di wajah atau kulit kepala. 
  • Memungkinkan pasien untuk memulai terapi radiasi, jika diperlukan, segera, tanpa menunggu penyembuhan luka sayatan. 

2. Kraniotomi 

Jenis operasi untuk mengangkat Pituitary Adenoma berikutnya adalah Kraniotomi. Jenis operasi Kraniotomi melibatkan proses sayatan di kulit kepala pasien dan memotong tulang tengkorak. Sehingga, ahli bedah saraf dapat menemukan dan mengangkat tumor sebanyak mungkin dengan bantuan mikroskop dan alat khusus untuk mengambil tumor. Prosedur ini dapat mengurangi resiko kerusakan jaringan normal ada otak. Kemudian, ahli bedah saraf dapat menutup tulang dan sayatan. 

Perawatan Pasca Bedah

Setelah operasi, tim dokter dan perawat terlatih secara khusus dalam bedah saraf, endokrinologi, dan perawatan intensif akan membantu pasien selama masa pemulihan. Sebelum pasien meninggalkan rumah sakit, mereka akan memberikan petunjuk detail tentang apa yang harus dilakukan di rumah.

Tindak Lanjut

Setelah terapi pembedahan atau radiasi, pasien mungkin harus minum obat untuk mengontrol keseimbangan hormon dalam tubuh. Pasien mungkin bisa berhenti minum obat pada akhirnya. Tim dokter akan melakukan scan MRI dan tes darah serta urin setelah perawatan untuk menentukan seberapa baik kelenjar pituitary pasien bekerja.