Sudah lumrah bagi banyak orang yang menganggap tumor dan kanker sama saja, meskipun faktanya tumor dapat menjadi kanker, tidak serta merta keduanya sama.

Tumor adalah inflamasi atau pembengkakan atau peradangan atau pertumbuhan jaringan abnormal dalam tubuh. Tumor sendiri dibagi menjadi dua jenis yaitu tumor ganas (malignant) dan tumor jinak (benign). Penyakit tumor ganas memiliki tanda-tanda kanker yaitu pertumbuhan agresif dan sulit dikendalikan jika menjalar ke organ lain. Tumor jinak juga dapat menjadi ganas namun jarang terjadi presentase kemungkinannya kurang lebih 0,5% – 1%.

Salah satu faktor resiko tumor yaitu Usia. Semakin bertambahnya usia maka akan semakin meningkat pula resiko tumor, walaupun pada dasarnya tumor dapat muncul pada usia berapapun. Jika anda bertanya kenapa paling sering pada orang usia lanjut? Dalam kondisi normal tubuh kita otomatis melakukan mekanisme regenerasi sel DNA, yaitu mekanisme apoptosis atau kematian sel dan perbaikan sel DNA baru. Pada prosesnya terdapat sel yang mutasi, akumulasi dari berbagai mutasi dalam DNA itu yang kemudian menjadi tumor atau memicu kanker.

Kanker adalah istilah untuk segolongan penyakit yang ditandai dengan pembelahan sel abnormal dan agresif menyerang jaringan lainnya, baik dengan pertumbuhan langsung di jaringan yang bersebelahan (invasi) atau dengan migrasi sel ke tempat yang jauh (metastasis). Pertumbuhan yang tidak terkendali tersebut karena rusaknya DNA. Beberapa sel yang bermutasi dapat mengubah sel normal menjadi sel kanker. Asupan makanan yang bersifat karsinogenik sebenarnya tidak secara langsung bisa menimbulkan Tumor, tetapi dalam beberapa penelitian karsinogenik dapat memicu sel unutk bermutasi. Mutasi dapat terjadi secara spontan (diperoleh) ataupun diwariskan (mutasi germline).

Kanker masuk penyakit degenerative dimana gaya hidup dan faktor lingkungan paling berpengaruh. Di Negara berkembang, kanker masih menjadi salah satu penyakit penyebab kematian tertinggi. Kanker dapat dicegah dengan gaya hidup sehat dan dapat disembuhkan jika ada pemeriksaan dini.

Open chat
Kontak Kami melalui ini
Ada yang bs kami bantu?
Powered by