Sakit Kepala Tanda Awal Tumor Otak ?

Tumorotak

Sakit kepala atau biasa disebut pusing biasanya membuat seseorang was-was karena sakit yang dirasakan seringkali disama artikan dengan gejala tumor otak. Padahal jika kita mengetahui lebih dalam, keduanya memiliki rasa sakit yang berbeda. Lalu bagaimana kita mengetahui bahwa ini gejala tumor otak atau bukan ?

Ketika anda mengalami pusing, biasanya rasa yang ditimbulkan seperti kepala dihantam oleh benda keras. Sakit kepala biasa masih tergolong ringan dan akan mereda jika diberikan obat pereda skit kepala, sedangkan sakit kepala akibat tumor otak rasanya akan bertambah parah seiring berjalannya waktu karena pertambahan massa tumor yang terus menekan otak sehat dan tidak membaik walaupun sudah diberikan obat pereda sakit kepala.

Jika rasa sakit kepala biasa bisa sembuh atau hilang setelah anda beristirahat atau mengonsumsi obat, sakit kepala akibat tumor otak tidak dapat hilang sempurna meskipun anda mengkonsumsi obat untuk meredakannya. Setiap sakit kepala muncul, intensitas dari sakit kepala ini pun juga akan semakin meningkat.

Pada awalnya sakit kepala akibat tumor mungkin hanya bertahan sebentar. Namun, semakin besar ukuran tumor pada otak, semakin bertambah buruk juga sakit kepalanya. Bahkan yang sudah parah, rasa sakit bisa bertahan selama 24 jam.

Sakit kepala tumor bisa sembuh dengan mengkonsumsi obat-obatan dari dokter untuk mengurangi rasa nyeri, tetapi tidak menghilangkan rasa sakit itu sepenuhnya. Sakit kepala akan benar-benar hilang ketika tumor sudah diambil. Karena tumor yang lama berada di otak akan menekan jaringan otak yang akan menambah rasa sakit kepala.

Namun perlu diketahui bahwa sakit kepala bukanlah satu-satunya tanda dan atau gejala yang mengarah pada Tumor otak, namun sebagian besar pasien mengalami hal tersebut. Umumnya gejala yang timbul tidak hanya pusing saja, tetapi diikuti dengan gejala lain seperti mual tanpa sebab, kelemahan sebagian tubuh, menurunnya fungsi penglihatan (Seperti rabun berbayang atau juga penyempitan lapang pandang mata), perubahan emosi/mood yang drastis tanpa sebab, itu semua tergantung bagian otak mana yang tertekan oleh sel tumor.

Oleh sebab itu, jika anda sudah merasakan sakit kepala yang tidak kunjung hilang secara terus- menerus meskipun telah diobati, lebih baik segera periksakan ke dokter agar mendapat penanganan lebih lanjut. Karena anda akan terus merasakan sakit kepala selama tumor masih berada di kepala anda.

 

Baca juga :Mitos dan Fakta Tumor Otak

Open chat
Kontak Kami melalui ini
Ada yang bs kami bantu?
Powered by