Bagaimana Gejala Tumor Otak?

Gejala tumor otak bisa muncul pada pasien baik di fase awal, maupun fase lanjut. Pasien bisa merasakan gejala yang bervariasi mulai dari sakit kepala hebat, penglihatan yang berkurang, sulit menjaga keseimbangan tubuh, dan pusing. Dalam beberapa kasus, pasien bisa saja tidak merasakan gejala apapun. 

Masing – masing gejala tumor otak juga bisa memiliki tingkatan yang berbeda. Mulai dari skala ringan hingga berat. Gejala juga mungkin muncul pada bagian otot yang ditandai dengan kesulitan untuk berjalan, melemahnya otot, kaki, dan lengan, atau lemahnya sebagian fungsi tubuh. 

Rasa pusing, lelah, dan vertigo juga kadang bisa menjadi beberapa gejala awal tumor otak. Sebagian kasus juga memaparkan bahwa ada pasien yang mengalami kesulitan untuk berbicara, gangguan suara, perubahan perilaku hingga kejang. Selain itu, gejala lain yang muncul saat tumor otak menyerang adalah mual dan muntah serta kesemutan.

Macam – Macam Gejala Tumor Otak

Keluhan dan gejala yang ditimbulkan oleh tumor otak sangat bervariasi, sangat tergantung pada ukuran tumor, lokasi dan kecepatan pertumbuhannya. Berikut ini adalah beberapa gejala tumor otak yang bisa terjadi pada kebanyakan kasus tumor otak.

  • Nyeri kepala, yang makin lama akan semakin sering dan berat
  • Mual dan muntah yang tidak tidak diketahui sebabnya
  • Gangguan penglihatan, misalnya mata kabur, penglihatan ganda, atau penyempitan luas lapang penglihatan
  • Gangguan rasa tebal atau terjadi penurunan kekuatan otot pada lengan atas atau kaki
  • Gangguan keseimbangan
  • Kesulitan bicara
  • Gangguan konsentrasi dan kebingungan dalam melakukan aktivitas sehari hari
  • Perubahan kepribadian dan perilaku
  • Kejang, terutama jika terjadi pada seseorang tanda ada riwayat kejang sebelumnya
  • Gangguan pendengaran

Pasien bisa saja merasakan semua gejala tersebut satu persatu atau sebagiannya. Untuk beberapa kasus, dokter ahli juga pernah menemukan pasien tanpa gejala. Sehingga, tumor otak baru bisa terdeteksi saat sudah sampai di stadium akhir. Semakin tumor otak teridentifikasi, maka semakin sulit metode pengobatan yang harus diambil karena ada kemungkinan tumor membesar atau menyebar. 

Perbedaan Gejala Tumor Otak

Berdasarkan lokasi tumor otak, pasien juga bisa merasakan gejala yang berbeda. Misalnya jika tumor otak tumbuh di batang otak. Pasien bisa merasakan gejala mati rasa pada wajah dan kesulitan dalam menelan makanan. Jika tumor muncul dibagian otak kecil, maka pasien bisa merasakan gejala seperti gangguan fungsi motorik dan kesulitan untuk menjaga keseimbangan tubuh. Hal ini membuat pasien lama – kelamaan mengalami kesulitan dalam berjalan. Bagian lain yang memiliki kemungkinan sebagai tempat munculnya tumor otak adalah otak besar dan lobus temporal. 

Belum ada yang bisa memastikan penyebab tumor otak. Namun ada beberapa faktor risiko yang perlu diketahui seperti riwayat penyakit seperti kanker, faktor genetika, paparan radiasi yang berlebihan, hingga usia. Sebenarnya, tumor otak bisa terjadi pada semua kalangan usia. Namun, kasus yang sering terjadi ditemukan pada pasien berusia 3 – 12 tahun dan 40 – 70 tahun. Jadi, mayoritas terjadi pada anak – anak atau orang dewasa lanjut. 

Kapan harus ke Dokter? 

Gejala – gejala tersebut tidak selalu muncul pada semua pasien tumor otak. Jika Anda merasakan beberapa diantara gejala tersebut dan merasa sudah mengganggu aktivitas, Anda bisa segera memeriksakan ke dokter untuk mendapatkan diagnosa dan penanganan yang tepat. Untuk dapat mendeteksi gejala tumor otak di stadium awal, Anda juga bisa membiasakan diri untuk melakukan check-up atau pemeriksaan rutin.

Pemeriksaan rutin bisa meningkatkan kemungkinan dapat mendeteksi tumor otak lebih awal dan menentukan penanganan yang tepat. Jika Dokter mampu mendeteksi tumor otak saat lokasi dan ukurannya masih kecil, maka kemungkinan metode pengobatan bisa lebih banyak.

Cara Mencegah Tumor Otak 

Bagaimana cara untuk menghindari kemungkinan terkena tumor otak? Pola hidup yang sehat berperan penting dalam setiap aspek kesehatan manusia. Mulai dari membatasi paparan radiasi yang masuk ke tubuh, menghindari rokok, mengatur pola dan asupan makanan, hingga istirahat yang cukup. Selain itu, Anda juga harus menyeimbangkan antara olahraga, makanan, dan istirahat agar tidak berlebihan. 

Baca juga :  5 Gejala Awal Tumor OtakPemeriksaan Tumor Otak

Open chat
Kontak Kami melalui ini
Ada yang bs kami bantu?
Powered by