5 Gejala Awal Tumor Otak, Waspada No. 4

Tumorotak

Tumor otak adalah penyakit yang muncul akibat adanya pertumbuhan sel – sel dan atau jaringan abnormal di dalam otak. Penyakit ini merupakan penyakit tidak menular dan sulit untuk dikenali di stadium awal. Kebanyakan pasien baru mengetahui bahwa ia mengidap tumor otak justru setelah sudah memasuki stage akhir dan sudah sulit untuk diobati.

Penting untuk mengetahui gejala awal tumor otak agar penanganan bisa cepat dilakukan dan persentase sembuh juga semakin tinggi. Disamping kita tidak boleh terlalu parno, kita juga perlu memastikan gejala – gejala ringan yang sering kita alami serta inisiatif melakukan check up rutin ke dokter. Beberapa gejala tumor otak berikut bisa membantu menambah pengetahuan kamu terhadap penyakit tumor otak.

 

Nyeri atau Sakit di Kepala

Gejala – gejala awal biasanya memang seperti penyakit biasa pada umumnya. Banyak dari kita yang memang sering mengalami sakit kepala ringan. Namun, apakah itu sudah bisa dikatakan gejala tumor otak stadium awal? Bisa iya, bisa tidak dengan beberapa catatan dan tentunya rujukan dari dokter. Nyeri atau sakit kepala yang datang karena mungkin sebelumnya kita terguyur hujan, nyeri di kepala karena stress, atau bahkan nyeri karena penyakit lain juga sangat mungkin.

Tumor Otak biasanya diawali dengan sakit atau nyeri kepala tanpa sebab – sebab umum. Nyerinya dirasakan semakin lama juga semakin berat dan bertambah sering. Jika sudah mengalami kondisi seperti ini, kamu bisa konsultasikan dengan dokter.

Sulit Beraktivitas seperti Biasa

Kesulitan untuk mengkoordinasikan atau mengatur pergerakan sendiri dalam berbagai aktivitas rutin juga menjadi salah satu gejala awal tumor otak. Misalnya, tiba – tiba dalam waktu yang cukup sering, kamu kesulitan berjalan, bergerak, atau berbicara. Jika gejala ini muncul secara tiba – tiba tanpa penyebab yang jelas, kamu sudah bisa curiga.

Gangguan Ingatan

Tak jarang pasien juga mengalami gangguan ingatan. Seperti yang kita tahu, salah satu fungsi otak juga berkaitan dengan ingatan, emosi, dan pengenalan serta pembelajaran. Gangguan fungsi di otak bisa berpengaruh pada aktivitas – aktivitas tersebut termasuk mengingat. Biasanya gejala yang muncul adalah sering lupa, sulit sekali mengingat, dan kebingungan bisa menjadi gejala tumor otak.

Mual dan Muntah

Kamu pasti pernah mengetahui bahwa beberapa cedera yang terjadi pada kepala disertai dengan mual dan muntah. Hal ini juga terjadi pada tumor otak. Gejala ini muncul sebagai gejala awal pada tumor otak. Selain nyeri kepala dan pusing, biasanya penderita juga mulai mengalami mual yang berakibat pada muntah.

Telinga berdenging  

Gejala tumor otak lainnya yang perlu diwaspadai adalah tinnitus atau berdengungnya telinga. Banyak penyebab lain yang bisa membuat telinga kita berdengung, tetapi jika ini terjadi dan mulai membuat tidak nyaman, lebih baik segera diperiksakan ke dokter.

 

Gejala yang muncul tidak sama untuk setiap pasien. Biasanya bervariasi tergantung pada letak sel atau jaringan abnormal yang disebut tumor tersebut muncul. Tumor menghambat fungsionalitas disekitar tempat dia berdiam sehingga bagian tersebut tidak bisa menjalankan fungsinya dengan benar. Akibatnya, gejala yang muncul akibat dari kegagalan fungsi tersebut.

 

Baca juga : Tumor Otak Harus Selalu Dioperasi?3 Cara Menghindari Risiko Tumor Otak

Open chat
Kontak Kami melalui ini
Ada yang bs kami bantu?
Powered by