1. Apakah itu ?

Endoskopi neurosurgery adalah tehnik operasi yang menggunakan kamera dan pencahayaan khusus untuk melihat ke dalam struktur saraf melalui lubang yg kecil. Alat endoskopi dihubungkan dengan layar monitor dan oprasi dilakukan dengan melihat TV monitor yang dapat memperbesar obyek yg dilihat sampai 100 kali. Tujuannya adalah mencapai target penyakit dengan meminimalisir kerusakan pada struktur penting di sekitarnya. Tehnik ini dapat digunakan untuk menterapi berbagai penyakit saraf, baik di otak maupun di tulang belakang.

2. Apakah tujuannya?

Tujuan pembedahan tergantung pada prosedur operasi yg dikerjakan. Ini dapat berupa pengambilan tumor, biopsi, penghilangkan penekanan pada saraf, membuang bantalan tulang belakang yang menekan saaf, atau berbagai penyakit bedah saraf yv lain

3. Bagaimana prosesur ini dikerjakan?

Pada prosedur endoskopi brain surgery, kami akan berupa mencapai sumber penyakit, misalnya tumor, melalui jalan yg secara alami telah ada, seperti misalnya lubang hidung atau melalui irisan kecil dengan manipulasi seminimal mungkin terhadap jaringan otak normal. Alat endoskopi dimasukkan ke dalam lubang dan digunakan untuk meljhat dan melakukan prosedur oparasi. Pembedahan dilakukan sambil melihat TV monitor yang menampilkan gambar lapangan operasi yang telah diperbesar. Prosedur operasi selanjutnya serupa dengan tehnik open surgery, namun dengan menggunaan instrumen khusus sehingga memungkinkan lebih sedikit penekanan dan meminimalkan kemungkinan cedera pada jaringan otak. Prinsip yang sama juga digunakan pada oprasi tulang belakang.

4. Apakah resikonya?

Resiko prosedur ini secara umum serupa dengan resiko pembedahan open surgery. Secara spesifik resikonya tergantung pada area di otak dan tulang belakang yang dioperasi dan kondisi penyakit itu sendiri. Namun , karena prosedur ini memerlukan manipulasi yg lebih sedikit maka sebagaian besar resiko lebih berkurang jika dibandingkan dengan open surgery.

5. Bagaimana angka keberhasilannya ?

Karena endoskopi dapat membuatĀ  presisi, ketepatanĀ  pembedahan semakin baik maka angka keberhasilannya sangat tinggi

6. Berapa lama pasien harus tinggal di rumah sakit?

Hal ini sangat tergantung pada penyakit yang diderita, namun pada umumya berkisar antara 3-5 hari

7. Apakah keistimewaan tehnik ini ?

Minimal invasiv endoskopi neurosurgery memerlukan irisan luka yang lebih kecil dan manipulasi jaringan otak normal yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan tehnik operasi konvensional. Visualisasi lapangan oprasi yang lebih baik dan manipulasi yang minimal membuat proses operasi menjadi lebih aman. Salah satu keuntungan lain adalah, dengan irisan kulit yang lebih kecil sehingga lebih sedikit jaringan yg rusak, maka endoskopi neurosurgery umumnya lebih sedikit menimbulkan nyeri dan masa pemulihan setelah operasi dapat lebih cepat.

Team :

Dr Joni Wahyuhadi, SpBS
Dr Rahadian Indarto Susilo, SpBS
Dr. Irwan Barlian Immadoel Haq. SpBS

RS Binaan untuk endoskopi neurosurgery : RS Premier Surabaya.

Open chat
Kontak Kami melalui ini
Ada yang bs kami bantu?
Powered by