Mengobati Neuroma Akustik

Tumorotak

Ada berbagai pilihan pengobatan terkait neuroma akustik, tergantung dari pertumbuhan tumor, termasuk ukuran dan posisi tumor, serta kondisi kesehatan pasien secara keseluruhan.

 

Untuk tumor yang kecil dengan pertumbuhan yang lambat atau tidak menunjukkan gejala berarti, maka dokter hanya akan melakukan pengamatan dengan audiometri (tes derajat ketulian) dan tes pemindaian secara berkala. Pemeriksaan akan dilakukan setiap 6 bulan hingga 1 tahun.

 

Pemeriksaan berkala ini bertujuan untuk menentukan kondisi pertumbuhan tumor. Jika pertumbuhan tumor membesar atau menunjukkan gejala tertentu yang cenderung membahayakan, maka diperlukan penanganan lebih lanjut.

 

Sejalan dengan hal tersebut, Dr. dr. Rahadian Indarto Susilo Sp.BS (K), salah satu ahli dan konsultan bedah saraf (Onkologi) di FK Unair dan RSUD Dr. Soetomo menjelaskan beberapa pilihan penanganan bagi pasien neuroma akustik yang mengalami gejala yang membahayakan.

“Jika tumor sudah berkembang dan membahayakan, maka ada beberapa penanganan yang dapat dilakukan, diantaranya adalah pengangkatan melalui operasi, terapi radiasi atau bisa kombinasi dari keduanya.” terang Dr. Rahadian.

 

Sumber : https://www.alodokter.com/neuroma-akustik

Baca juga : Kanker Ria Irawan

Open chat
Kontak Kami melalui ini
Ada yang bs kami bantu?
Powered by