Sembuh dari Tumor Otak, Apakah Mungkin ?

Tumorotak

Setelah diagnosis ditegakkan, opsi pertama yang dapat ditempuh adalah dengan melakukan tes tambahan, misalnya biopsi (pengambilan sampel). Apabila tumor otak metastase ditemukan sebelum kanker primer, maka tes laboratorium dan pemindaian tambahan untuk menemukan lokasi kanker primer menjadi pilihan terbaik.

Terdapat berbagai pilihan untuk menangani tumor otak metastase, diantaranya adalah dengan:

  1. Pengangkatan dengan pembedahan
  2. Terapi radiasi
  3. Kemoterapi
  4. Terapi kombinasi
  5. Terapi percobaan
  6. Terapi integrasi

Dari berbagai metode di atas, pilihan penanganan juga dapat tergantung pada:

  1. Jenis tumor utama
  2. Ukuran tumor
  3. Lokasi tumor
  4. Jumlah metastase tumor
  5. Umur pasien
  6. Kesehatan umum pasien

Belakangan, terdapat kecenderungan bahwa terapi radiasi lebih banyak diminati pasien, sebabnya, ada beberapa jenis tumor yang lebih tidak tahan terhadap kemoterapi. Umumnya kombinasi jenis penanganan antara operasi, terapi radiasi, dan kemoterapi untuk menangani tumor otak metastase dipilih untuk hasil maksimal.

Untuk menangani tumor otak metastase dengan ukuran lebih dari 3 cm, penanganan yang bisa dilakukan adalah dengan mengangkat sel tumor melalui operasi. Operasi bisa dikombinasikan dengan terapi lain, seperti radiasi ataupun kemoterapi, disesuaikan dengan jenis tumornya.

Penanganan gejala juga harus diperhatikan, terutama jika sakit kepala sudah sangat parah, muntah menjadi sulit atau bahkan tidak dapat dikendalikan, dan/atau kejang terjadi terlalu sering.

Steroid dapat diberikan untuk mengurangi pembengkakan di otak, sehingga tekanan pada otak dan sakit kepala dapat berkurang. Untuk mengatasi kejang, obat anti kejang dapat diberikan tetapi perlu diperhatikan bahwa semua jenis pengobatan dan penanganan tergantung keputusan dokter yang merawat sesuai dengan kasusnya.

Sejalan dengan hal tersebut, Dr. dr. Rahadian Indarto Susilo Sp.BS (K), salah satu ahli dan konsultan bedah saraf (Onkologi) di FK Unair dan RSUD Dr. Soetomo menjelaskan betapa pentingnya mengontrol pertumbuhan dan penyembuhan gejala kanker.

“Secara umum, keberhasilan pengobatan tumor otak metastase adalah dengan melakukan controlling pertumbuhan kanker atau penyembuhan gejala yang diakibatkannya. Bahkan, pada beberapa kasus, pengobatan kanker metastase dapat memperpanjang umur pasien.” terang Dr. Rahadian.

 

Baca juga : Kanker Ria Irawan

Open chat
Kontak Kami melalui ini
Ada yang bs kami bantu?
Powered by