Telinga Berdengung, Waspada Neuroma Akustik!

Tumorotak

Tanggal 3 Maret diperingati sebagai Hari Kesehatan Telinga dan Pendengaran Nasional. Pendengaran merupakan salah satu penginderaan tubuh untuk mengenali dan merespon suatu objek. Penting bagi kita untuk menjaga dan merawatnya termasuk dari gangguan sel Tumor yang dapat menyerang dan merusak fungsinya.

 

Neuroma akustik (Vestibular Schwannoma) merupakan tumor jinak yang tumbuh pada saraf keseimbangan (vestibular). Saraf ini merupakan saraf penghubung antara telinga dengan otak, sehingga mengakibatkan terganggunya fungsi pendengaran dan keseimbangan tubuh.

 

Penyakit ini umumnya menyerang orang dewasa yang berusia antara 30-60 tahun dan lebih banyak dialami oleh kaum wanita. Sebagian besar tumor otak jinak ini berkembang secara perlahan dan jarang menyebar ke bagian tubuh lain.

 

Meskipun begitu, neuroma akustik dapat menjadi masalah serius jika pertumbuhannya menjadi sangat besar dan menekan batang otak. Kondisi ini bahkan dapat membahayakan nyawa karena batang otak berperan mengatur fungsi vital tubuh.

 

Gejala Neuroma Akustik

Gejala dan tanda-tanda neuroma akustik yang paling umum adalah:

  1. Gangguan pendengaran, bisa pada satu sisi telinga atau pada kedua telinga
  2. Telinga terasa penuh
  3. Telinga berdengung
  4. Pusing berputar atau merasa melayang
  5. Gangguan keseimbangan
  6. Rasa baal atau kebas pada wajah
  7. Mulut mencong
  8. Salah satu sisi mata atau kedua mata sukar untuk ditutup
  9. Sakit kepala
  10. Berjalan sempoyongan

Baca juga : Mengobati Neuroma Akustik

Open chat
Kontak Kami melalui ini
Ada yang bs kami bantu?
Powered by