Apakah Tumor Otak Bisa Menyebar ke Organ Tubuh Lain?

Tumorotak

Salah satu pertanyaan yang sering muncul dari pasien adalah, “Dok tumor saya ini bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya tidak ya?”, berikut penjelasannya.

Tumor otak terbagi menjadi 2 yaitu tumor otak primer dan sekunder. Tumor otak primer adalah tumor yang berasal dari jaringan otak itu sendiri, sedangkan tumor otak sekunder berasal dari kanker pada organ tubuh lain yang menyebar ke otak.

Pada tumor primer, salah satu jenis tumor otak ganas yang berawal di sel glial, yaitu glioblastoma, merupakan tumor otak yang sangat agresif. Sedangkan pada tumor sekunder sering terjadi karena penyebaran dari beberapa jenis kanker dari organ lain, seperti kanker payudara, paru-paru, ginjal, usus besar, dan melanoma kulit.

Tumor otak yang sudah ganas sering disebut kanker otak. Sel kanker itulah yang dapat bertumbuh sangat cepat dan dapat menyebar ke jaringan lain di otak atau sistem saraf pusat lainnya, seperti sumsum tulang belakang melalui aliran darah pada pembuluh yang dilaluinya. Namun, tidak seperti jenis kanker lainnya, tumor otak sangat jarang dapat menyebar ke bagian tubuh yang lain. Pada tumor otak jinak, umumnya tidak menyebar ke organ lain, karena tidak memiliki akses yang sama ke aliran darah di mana tumor lain dapat melakukannya. Hal inilah yang membuat otak kita sangat istimewa, mereka tidak hanya pandai menjaga apa yang ada didalam tetapi juga diluar.

 

Baca juga : Hati-Hati Gangguan pada Batang Otak yang Bisa Terjadi!,  Benjolan di Belakang Kepala, Waspada Penyebabnya!

Open chat
Kontak Kami melalui ini
Ada yang bs kami bantu?
Powered by