Membatik dan Segudang Manfaat untuk Otak

Tumorotak

Indonesia memiliki salah satu warisan kekayaan dunia yang disahkan oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009 yaitu kain batik. Batik juga menjadi salah satu ikon Indonesia yang menyuguhkan kekayaan budaya dan kemegahan Nusantara di mata dunia. Dari pria sampai wanita, tua, muda bahkan belia sudah banyak yang mengenakan batik untuk kegiatan sehari-hari ataupun kegiatan penting lainnya. Namun tahukah anda bahwa kegiatan membatik bisa melatih otak kita terus aktif?

Melakukan aktivitas baru yang membutuhkan koordinasi atau ketangkasan dapat melatih otak dan mengaktifkan keterampilan motorik seseorang. Aktivitas tersebut diantaranya adalah membatik, merajut, menyulam, menggambar, melukis, menari, dan mempelajari alat musik.

Otak merupakan bagian paling kompleks dari tubuh manusia. Organ seberat kurang lebih 1,3 – 1,4 kg ini adalah pusat kecerdasan, penafsir indera, penggagas gerakan tubuh, dan pengontrol perilaku. Otak berada dalam tulang tengkorak dan didalamnya terdapat cairan otak yang berfungsi untuk melindungi otak.

Studi, yang diterbitkan pada tahun 2011 dalam Journal of Neuropsychiatry and Clinical Neurosciences, meneliti adanya hubungan antara aktivitas kognitif dan gangguan kognitif ringan (MCI). Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa aktivitas yang melibatkan kegiatan kerajinan, seperti membatik, merajut, dll dapat menurunkan kemungkinan seseorang untuk memiliki gangguan kognitif ringan MCI.”

Membatik merupakan salah satu kegiatan yang dapat merangsang aktivitas otak. Membatik menuntut kemampuan otak untuk berimajinasi dalam menciptakan sebuah pola yang disusun sedemikian rupa sehingga akan membentuk sebuah gambar dengan motif tertentu.

Dengan membatik otak kita juga akan terus dituntut untuk bisa fokus mengikuti pola yang ada atau membuat pola yang baru. Kegiatan inilah yang akan membuat neuron-neuron yang ada di dalam otak untuk terus memberikan rangsangan antar neuron dan membuat sambungan-sambungan baru sehingga bisa menghasilkan sebuah kreativitas yang dituangkan dalam selembar kain.

Selain membuat otak lebih kreatif, membatik juga dapat mengasah dan meningkatkan ketrampilan otak dalam mengingat, imajinasi untuk membatik akan menuntut otak untuk berfikir dan mengingat pola serta motif yang harus digambar sehingga akan mempertajam otak secara terus menerus.

Ternyata di balik pesona batik yang indah terdapat berbagai macam manfaat menarik yang berguna untuk otak kita.

 

Baca juga : otak kanan vs otak kiriGlioblastoma, Jenis Tumor Otak yang Sering Ditemukan

Open chat
Kontak Kami melalui ini
Ada yang bs kami bantu?
Powered by